Studying at Indonesia Uni vs Australia Uni

G’day mate!

Today I’m going to talk about the differences between studying at Indonesia Uni and Australia Uni. This is based on my under graduate experience at Universitas Brawijaya and currently, I’m studying Applied linguistics at Monash University. I will generalize what’s happen if you study in Indonesia and Australia, but maybe you could have the different experience with me. So if you want to disagree with what I’m saying, you can drop a comment below!

So, shall we start?

Continue reading “Studying at Indonesia Uni vs Australia Uni”

Advertisements

Alur Skripsweet

Lately, bunch of people ask me about result seminar, thesis examination and graduation things. Actually I’m cool with it, but just imagine if you meet different people each day and they keep asking the same question (haha!) Thus, I will write a post about it, so whenever and whoever ask about those, I will give them a link :p

Pertama, kalau bisa teman-teman buat timeline. Jadi tahu kapan harus sempro, penelitian atau observasi, semhas, lalu kompre atau ujian skripsi, jadi bisa lulus ontime. Kalau bisa jangan kelamaan sempro, karena nanti agak rugi waktu penelitiannya. Belum lagi semhas-nya kapan. Karena mengerjakan bab 4 itu lebih njelimet dari bab sebelumnya (itu pengalaman aku sih). Kemudian, kalaupun sudah sempro jangan leyeh-leyeh dulu, karena masih harus ‘meneliti’ dan bab 4 sangat krusial.

Ketika sempro, kalian harus presentasi bab 1-3, sedangkan ketika semhas dan kompre presentasi dari bab 1 – akhir (kecual ada permintaan dari dosen untuk presentasi dari bab pembahasan sampai akhir. Ketika sempro, hanya dihadiri oleh dosen pembimbing. Ketika semhas, dihadiri oleh dosen pembimbing dan penguji. Kalian boleh memilih dosen penguji, kok. Ketika kompre, sama seperti semhas, dihadiri oleh dosen pembimbing dan penguji, tetapi bedanya kalau kompre dosen pembimbingmu jadi dosen penguji dan tidak ada audience.

Untuk sempro-semhas-kompre ada formulir yang harus didwonload di fib.ub.ac.id, tapi kalau males donwload ini linknya: (ini yang terbaru di tahunku, kalau di tahun kalian beda, cari sendiri di fib.ub.ac.id yaw

FORMULIR SEMPRO

FORMULIR SEMHAS

FORMULIR KOMPRE

Kemudian, ketika semhas, teman-teman tidak perlu membayar apa-apa. Yang perlu membayar itu ketika kompre. Waktu tahunku, ujian skripsi harus membayar 250k (kalau tahun kalian naik lagi ya ngga tau :p) Temen-temen cuman harus ke bank BNI, bilang bayar ujian skripsi, nanti pak satpamnya udah ngerti kok. Nah setelah itu bawa bukti pembayaran dan formulir kompre ke akademik.

Anyway, waktu akademik nanti dosen penguji bakal tanya dari judul sampai bab 5 sedetail mungkin, bahkan dosen yang awalnya dosen pembimbing. Tapi ngga usah takut kok, kalau kalian ngerjain sendiri pasti bisa ^^

This too shall pass.

Setelah kompre, maka kalian harus mengurus yudisium. Lihat dan cermati baik-baik kapan batas akhir semhas-kompre-dan yudisium, karena kalau terlambat satu hariiii saja, otomatis kalian masuk hitungan ke semester berikutnya. Yudisium FIB UB kalian cuma harus cari TTD sebanyak 6 kalau tidak salah. Formulir yudisium sudah bisa diambil dari sejarang di depan akademik warnanya kuning. Seingatku untuk yudisium kalian harus:
1. FC skripsi sebanyak 4 kali (1 kamu bawa, 2 SAC, 1 perpus pusat)
2. Ngga punya tanggungan buku pinjaman di SAC, ngasih buku ke SAC sebanyak 2 buah berdasarkan tema/judul yang diminta SAC. Saran: ojo beli bajakan di wil**, pasti disuruh mbalik terus beli lagi 😐
3. Apalagi ya? I forgot the rest. Yang jelas nanti kalau menyerahkan skripsi ke perpus pusat jangan lupa bawa 50K untuk ‘sumbangan alumni’.

Yudisium fix. Next, wisudaaaaaa. Kalau di FIB, teman-teman harus bayar 500K untuk toga dan KTA (Kartu tanda alumni). Syarat wisuda:
1. Mbayar ke bank
2. Upload ke SIAM. Yang perlu di upload:
– Sudah tes TOEIC/TOEFL, upload sertifikatnya
– Sudah tes IC3/Sertifikat IT
– Upload pdf skripsi bab 1-5 terpisah
– Foto untuk ijazah (cek format di akademik), nanti di upload di SIAM juga
– scan ijazah SMA
– I forgot the rest XD tapi kayaknya yang penting-penting ini aja.

Anyway, wisuda gampang guys, yang penting kalian ngejar yudisiumnya dulu. Terus untuk tes TOEFL usahakan jangan main-main atau asal tes aja, karena pertama kalian akan dapat sertifikat kalau nilai >450, kedua sertifikat TOEFL nanti berguna kalau kalian ingin daftar kerja atau beasiswa. Sekarang beasiswa ke dalam negeri butuh TOEFL 500, sedangkan kalau ke luar negeri 550. Lumayan kan, ngga perlu bayar lagi untuk TOEFL.

That’s it. Semangat gengs! :))

What Normal Is

You can not define normal, if you don’t know what normal is. Meanwhile, every person has their own meaning in describing “normal”. Thus, normal is just an illusion, a boundary, a stereotype, and a square minded.

Aku sendiri sendiri sebenarnya sering berfikir ingin memiliki keluarga yang normal, karena aku merasa hidup dalam lingkaran yang abnormal. My mom and dad are so strict, kind of a very discipline person, and kind of parents who would not allow their daughter to hangout at night time. Pokoknya aku merasa itu tidak normal jika dibandingkan dengan teman-temanku yang bisa hangout kesanah dan kemarih dengan leluasah.

Perihal normal, beberapa hari lalu aku berdebat dengan muridku. Sebelum aku cerita tentang perdebatan kami, let me tell you about him. Dia laki-laki kelas XI di salah satu SMAK di Malang yang di samping sekolahnya banyak orang jualan pangsit yang enak dan hits (orang Malang pasti ngerti). Dia murid di bimbingan belajar tempat aku kerja. Kemarin, hari kamis, pertama kalinya aku mengajar dia. Aku agak-agak was-was karena dia anaknya agak songong, but I try to keep myself chillax (chill and relax). Hari itu, ketika aku tanya ingin belajar apa, dia bilang gatau dan gamau belajar. Dia merasa dia sudah bisa semua materi Bahasa Inggris. Materi kelas XI kebanyakan berupa text seperti narrative, procedure, dll dan dia bilang kalau semua itu nggak berguna. Mengerjakan soal pun dia tidak mau. Ketika aku bertanya jika tidak mau belajar seperti itu, kenapa masih les disini, dia bilang dia dipaksa mamanya les. Namun uniknya, dia tidak mau kehilangan waktu sedetikpun. Dia tidak mau aku korupsi waktu seperti pulang lebih cepat sebelum jam berakhir (karena ada muridku yang seperti itu dan dia benar-benar ngga bisa dipaksa untuk belajar full time).

Dia bilang gamau kehilangan waktu sedetikpun karena: “Cause I’m chinese and I waste my time and my money in a shit place like this to pay someone like you.”


Exactly like that. Kalau aku baperan mungkin aku udah nangis berok-berok di dalam ruangan minta berhenti kerja. XD

Anyway, karema dia ngga mau belajar akhirnya kita mulai sesi ngobrol aja, in English of course. He said, “I don’t want to learn English, but I speak English.” and apparently, his English is excellent although he is an annoying bastard. Dia sering juara nasional debat beberapa kali. Nah, debat itu dibagi jadi tiga sesi. Sesi satu perkenalan, sesi 2 adalah sesi pembantaian pendapat lawan dan memberikan idea yang berlawanan dari pihak lawan, dan sesi 3 acked like monk, kata muridku. Untuk sesi 2, sesi 2 cocok untuk seseorang yang annoying jerk, oleh karena itu dia ditempatkan di sesi 2. (yes he admit that he is an asshole bastard).

Terus ngga tau kenapa percakapan kami nyambung ke perihal normal. Dia, muridku itu, sebut saja C, berkata bahwa normal itu tentang ‘majoritas’, yang kebanyakan orang seperti itu, sudah umum, sehingga sesuatu yang minoritas dia anggap tidak normal. Misal, orang-orang yang difabel itu menurut dia tidak normal karena menurut dia mereka berbeda. Anak autis itu nggak normal, karena menurut dia, mereka agak kurang nyambung dengan kita yang mayoritas tidak autis.

Aku tidak setuju. Aku bilang orang difabel itu tetap normal. Mereka bukan tidak normal, tetapi hanya berbeda. Misalnya, tuna netra, walaupun mereka tidak bisa melihat dengan mata aku yakin mereka punya cara lain untuk melihat. Tuna rungu, mereka punya cara lain untuk berkomunikasi. Dan keterbatasan mereka itu tidak membatasi mereka untuk melakukan sesuatu hal. Tentang anak autis, aku bilang bahwa, anak autis itu bukannya tidak normal, tetapi mereka memang punya dunia sendiri, dan bagi mereka itu normal.

C tidak setuju lagi. Dia menyanggah pendapatku. Dia berkata, “Tuna netra matanya bisa fungsi nggak?”

“Nggak.”

“Yaudah berarti nggak normal kan. Namanya juga dinamakan disabel, disability, dis-ability. Aku ngga bilang mereka ngga bisa melakukan seperti kita tetapi secara fisik mereka beda jadi nggak normal.”

“Mereka itu tetep normal, cuman berbeda. Normalnya mereka ya seperti itu. Aku pernah ngomong sama temenku yang tuna rungu, bagi mereka kita ini yang nggak normal. So, normal is just a matter of perspective.”

“Exactly. Normal is just a matter of perspective, tapi mayoritasnya gimana, secara mereka minoritas, jadi ngga normal.”

Dan perdebatan kami mbulet disitu, terus ngga tau kenapa tiba-tiba kami ujug-ujugnya mbahas tentang pacar masing-masing. XD Sebenernya penjelasannya dia agak mbulet cuman dia menang ngetet dan bahasa inggrisnya lebih bagus dan bisa deliver dengan baik. Meskipun dia menyebalkan, it is fun to have a conversation with him in 100% full English because I barely have no partner to speak English.

Hari ini, hari Jumat, dia minta les lagi sama aku. Aku pikir dia ngga suka aku, karena di awal dia bilang kalau dia itu orang Cina yang harus mbayar orang seperti aku XD. Mungkin tentor sebelumnya mudah terintimidasi oleh dia, sehingga mungkin dia menganggap aku lawan debat yang pantas. Entah. Atau mungkin karena ngga ada tentor lain yang mau sama dia, tinggal seorang ibu-ibu dan itu dia ngga suka. Tapi untungnya hari ini aku ngurus paspor jadi ngga bisa ngelesi dia, karena aku lagi kehabisan topik debat XD

See, what do you think guys? In what extent do you agree that normal is based on the majority, or do you agree with me that normal is just an illusion, it is depend on one’s perspective. 🙂

Working on Thesis: 7 Tips to Defeat your Disorientation on Thesis

This post was inspired by my friend who wrote in his blog about The Internal Factors of Thesis Detention XD. He have graduated, yet he needed 1 and a half year to finish his thesis. Yep, sometimes thesis can be something that is so annoying. Moreover if you delay it over and over again. It can haunt you even on your sleep. Hahahahah (lebay XD). Anyway, among of the 6 factors that was elaborated by him, disorientation is the most “attractive” to me, because I feel it and it is happening to me.


First of all, disorientation is a state of mental confusion. I think it is a combination of feeling tired, confused, and seems like we wander into the middle of somewhere and Bam! We lost. And we just don’t care about that particular think.

For anyone who have been taking thesis and you feel so tired, you guys are not alone 😀 (Put your hands up!) Thus, for you who have this kind of disorientation and you are feeling so lazy and just want to get the fuck off about your thesis :D, this is what I am doing:

  1. Feed Your Ego

feed_your_own_ego

If you are not feeling good and you just do not want to do it, then just don’t do it, because it will be useless. You might just stare in front of your laptop and doing nothing. So, while you are waiting for the muse to strike, you can go picnic somewhere, hangout with your friends, and just be fun! Just do whatever you want, spoiled yourself, be happy, and don’t think about your thesis for awhile.
However, you should remember, you can’t feed your ego continuously. You must know when you have to stop and do your thesis. If you feed your ego continuously, then you’ll be death. XD

2. Listening to the music

paramore

If your are feeling bored, you can do your thesis while listening to the music. However, if you are kind of a person who need a desolate and deserted circumstance, you can skip this one. Music helps you be relax, though. I always choose my favorite band like Paramore, but sometimes I listen to The Weeknd and Daniela Andrade. So, it depends on my mood. For another tips, you might click it: Music for Studying.

3. Reading

tumblr_m8yz113qWK1rumv44o1_500

Tired of reading journals and books? You might read the fiction one. Be relax, and feed your thought.

4. Free Writing

Thesis also always deal with formal writing and a lot of rules there. In such a way, you can do free writing. Free your mind. Write whatever you want on your blog or whatever you want. You can write a fiction, tips or tricks, a diary or just a jibber jabber. For me, writing is like a catharsis, so it always help me. You should try! 😉

5. Make a to do list
4457794763_ba603e7064
If you are kind of a procrastinate person, you should make a to do list and you should obey it. You should learn to be disciplined and conform your own schedule. A to do list helps you to keep in mind that you have bunch of things to do. So, you would not take it easy your thesis.

6. Change your Mindset
Change your mindset, that thesis is not a nightmare! It should be something fun because you are doing a research and looking for something that is unknown, yet. That is why, for anyone who do not taking a thesis yet, I suggest you that you should doing a research that makes you happy, challenged, curious, and you are not feeling forced. For example, I love every thing about disability awareness, hence my thesis is about mental disability 😀

What is the point if you are not happy, right?

7. Surround yourself with a Good Vibe
Last but not least, you have to surround yourself with a good vibe. Good vibe means every kind of positive energy. You ought to think that you can do your thesis and you can finish it! You also have to keep in mind that:

If you do not chase it that hard, you don’t want it that bad.

So, my question is, do you want it that bad? Do you want to chase your dream? Do want to make your parents happy? You also have to remember your parents who always support you all of the time. They must be work hard to fund your college study. Don’t you want to make them proud of you?
And my last word is:

It is always you against yourself.

That’s it! Defeat your disorientation and good luck for your thesis! 😉

skripsweet

 
This what I’ve been doing for weeks.
Something I feel like, what the f*. There is no one to be asked for about this theories, about the method, the matrix, and what-so-ever. The only one senior who took this method was graduated, so then I’m on my own.

It’s okay. Just like Ms. Lia said that the wheels always spinning, sometimes up sometimes down, what’s your priority, is it worth it, and everything she said on TPW class. It is always encouraging us.

And Ms. Peptia who always encourages me too. Haha, OMG, I have not touch my chapter 4, yet. I just finished decoding my matrix. And I always feeling guilty if I break my own target.

Ms. Devinta, thank you for saying that I will finish “it” soon. It is really meant for me.

Mooooom, who always fussy that I shouldn’t drink coffee and I shouldn’t awake till late night.

sometimes I’m so overwhelmed, but after all, everything seems impossible until it is done right? 🙂

#skripsweet
#edisibaper