Ulang Tahun, Umur Bertambah atau Berkurang?

Hari ini aku ulang tahun yang ke-24. Kata teman-temanku yang sesama awardee LPDP, aku masih terbilang cukup muda. Tapi tentu saja mereka bilang begitu karena kami sebaya atau karena mereka lebih tua dari aku. Mas dan mbak, suami istri, yang tinggal serumah denganku juga berkata aku umur segini masih muda. Tentu mereka bilang begitu, karena mereka membandingkannya dengan umur mereka sendiri. Aku sendiri, dalam sudut pandangku, merasa aku sudah cukup tua tetapi aku merasa aku belum mencapai banyak hal. Miley Cyrus saja sudah mau meluncurkan album yang ke-6, sedangkan aku menerbitkan jurnal saja belum pernah. What have I done in my life?

Lalu, ketika aku berulang tahun dulu, aku selalu mengharapkan banyak ucapan dan hadiah dari siapapun. Pokoknya yang namanya ulang tahun harus istimewa karena kejadian ini cuman setahun sekali. Namun hari ini aku merasa, ulang tahun, terus kenapa? I’m not really expecting someone says happy birthday to me, I don’t really know why. Aku merasa banyak hal yang lebih penting dari sekedar perayaan ulang tahun. Sekali lagi aku merasa pencapaianku belum banyak dan aku tidak berhak merayakan hal tersebut.

Walaupun begitu, aku tetap merasa senang kalau ada yang ngucapin, haha. Yang pertama kali mengucapkan Bae dan R, mereka teman dekatku di kuliah S1, adikku yang perempuan, dan teman-temanku yang lain di media sosial. Orang tuaku sampai sekarang belum mengucapkan, entah karena lupa atau sengaja. But it doesn’t matter, asal mereka tidak lupa selalu mendoakanku, dan aku yakin mereka ngga pernah lupa.

 

Photo 28-9-17, 19 47 58
baru kali ini dia bikin aku teharu maksimal.

 

Ngomong-ngomong, tentang ulang tahun apakah benar kita bertambah umur. Memang secara kuantitas, bisa dihitung sudah berapa lama kita hidup di dunia ini, tapi bukankah berarti kita juga semakin mendekati kematian? Yang aku pikir, ulang tahun merupakan sebuah ‘peringatan’ bahwa sudah berapa lama kita hidup dan apa saja yang sudah kita lakukan. Bermanfaat untuk orang banyak kah? Siapa yang sudah kita inspirasi? Apakah ada atau tidaknya kita di dunia ini ada bedanya?

Aku harap aku banyak meninggalkan jejak yang baik-baik.


 

Daaaaaan, itu kontemplasi aku hari ini dan sekarang aku mau recap kegiatan aku hari ini.

Tadi pagi aku diajak ke pantai karena hari ini adalah hari libur nasional dan cerah, tidak hujan dan angin. Hari yang sempurna untuk jalan-jalan, bukan? Nah, bapak kos memutuskan untuk pergi ke pantai paling dekat dari tempat kami, yaitu Aspendale. Dia punya anak kecil berumur sekitar 2 tahun, dan aku merasa jadi anak (angkat) mereka, instead of anak kos mereka. XD

Di google maps, ada dua pantai bernama Aspendale Beach, jadi awalnya kami sedikit tersesat, tapi pada akhirnya sampai juga. Masuk ke pantainya gratis, tetapi kami harus membayar parkir 8$ untuk 2 jam.

Photo 29-9-17, 10 21 27_

Photo 29-9-17, 10 59 46_.jpg

Photo 29-9-17, 12 39 09_

 

Siangnya, teman-teman dekatku di sini, J dan Y, mengajak ke Clayton. Anyway, di S1 dulu teman dekatku adalah Bae dan R. Bae perempuan sedangkan R laki-laki, nah temanku J perempuan dan Y laki-laki. Jadi, seakan-akan J dan Y itu pengganti teman -temanku yang lagi ada di Indonesia, what a coincidence! :)))

Setelah J belanja buah-buahan, kami memutuskan makan ke Two Some Story, basically it’s a Korean cafe. Ini adalah kali kedua kami makan di sana, karena selain halal, kami juga cocok dengan makanannya.

Photo 29-9-17, 15 19 07

 

Sambil menunggu makanan datang, J bilang akan keluar sebentar. Aku pikir dia sedang beli kertas karena tempo hari dia bilang bahwa kertasnya habis. Dan ternyata dia datang sambil membawa kue.

It was so sweet! I didn’t really expect that, and they even treat me the food.

So, I just want to say thank you guys for your generosity :3, I’m so lucky to have you as my friends, thanks for made my day!

Photo 29-9-17, 18 04 53

In the end of the day, there was a rainbow snuck, I could see it in my bedroom window. It was beautiful. My life is beautiful, I have to be grateful for a lot of things.

The best and most beautiful things in the world cannot be seen or even touched – they must be felt with the heart (Hellen Keller).
Clayton,
29/9/17
7.00 pm
Advertisements

6 thoughts on “Ulang Tahun, Umur Bertambah atau Berkurang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s