Proses Seru-Menegangkan Setelah Mendapatkan LOA

Sebelum aku menjelaskan lebih detail, berikut adalah proses singkat yang aku jalani setelah mendapatkan LOA:

LOA – accept your offer – CoE – VISA (GTE danΒ  Tanda tangan form 956A) – Submit Visa – Medical Check up visa – Visa granted.

Akhirnya aku bisa mendapatkan LOA unconditional setelah hasil IELTS-ku mencukupi. Seharusnya aku berangkat Februari 2017 lalu, tetapi karena hasil IELTS-ku belum mencukupi, aku defer sampai bulan Juli. Waktu itu rasanya sedih sekali. Padahal waktu itu aku sudah resign dari pekerjaan lamaku, karena aku optimis berangkat Februari. Well, untung saja aku mendapatkan pekerjaan baru, sehingga aku jadi lebih aktif disitu dan aku belajar IELTS lagi. 18 Maret 2017 aku tes IELTS dan hasilnya keluar 31 Maret. Lalu, agenku segera mengirim hasil tersebut ke Monash uni. Kesekoan harinya, unconditional letter langsung muncul di emailku. Pretty fast, right?

monash

Setelah kita menerima LOA unconditional, maka kita harus menerima offer tersebut. Lagi-lagi karena aku pakai agen, maka semuanya sudah dibantu oleh agen. Untuk menerima offer tersebut, aku hanya harus menandatangi berkas LOA di pojok kanan bawah.

Ohya, di berkas unconditional offer yang di berikan Monash, ada banyak sekali detail yang mereka jelaskan. Mulai dari tanggal perkuliahan di mulai, kapan kuliah selesai, jumlah annual tuition, hak dan kewajiban, dan konsekuensi jika melanggar peraturan. Ini pertama kalinya aku kuliah di luar negeri (ya iyalah), sangat berbeda dengan kuliah dalam negeri. Dulu, ketika aku S1, tidak ada yang sesuatu yang sedetail ini. Kuliah ya mulai kuliah, tidak ada detail tanggal kapan mulai dan kapan selesai. Mungkin itu kali ya, yang membuat banyak mahasiswa lulus lebih dari 4 tahun, karena mereka kurang ditargetkan sejak awal.

Setelah berkas unconditional offer ditandatangin dan dikirim, maka aku harus menunggu CoE. CoE adalah Confirmation of Enrollment, satu lembar yang berisi detail kuliah, identitas, dan jaminan kesehatan selama disana.

Setelah itu, pada akhir April aku mulai mengurus visa, yang akan aku ceritakan di post selanjutnya πŸ™‚

Advertisements

20 thoughts on “Proses Seru-Menegangkan Setelah Mendapatkan LOA

  1. Bakal kuliah di Monash Mbak Gadis?? Wah keren banget ✨✨✨

    Denger2 di Monash ada banyak banget mahasiswa Indonesianya. Dan pernah juga aku nonton di sana jurusan sastra Indonesianya πŸ˜‚ Lucu juga liat bule sana belajar bahasa kita

    LOA itu apa ya?

    Liked by 1 person

    • thanksssss πŸ™‚

      iyaaa ada ratusan kayaknya wkwk. kalau ga salah ada matkul bahasa jawa juga kok (kalo ga salah, soalnya lupa) wkwk

      LOA tuh letter of acceptance ada yang conditional, ada yg conditional. semacam surat kita diterima di universitas tersebut. kalau conditional berarti bersyarat, karena ada syarat yg belum dipenuhi. kalau uncond, berarti udah fix masuk di universitas tersebut karena semua syarat sudah dipenuhi.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s