Seleksi Administrasi LPDP

Aku mendapatkan beasiswa LPDP batch III tahun 2016. Setelah itu banyak sekali teman-teman yang bertanya tentang bagaimana mendapatkan beasiswa ini. šŸ™‚

Pertama, langsung saja membuat akun LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/, sehingga kalian bisa langsung melihat apa saja persyaratn yang harus diupload dan isian yang harus diisi. Pertama yang harus diisi adalah informasi data diri, pendidikan terakhir, dan informasi keluarga.

Setelah itu, klik daftar beasiswa. Ada beberapa pilihan beasiswa yang bisa dipilih jika ingin lanjut ke S2. Ada Beasiswa Pendidikan Indonesia (download panduan disini) dan beasiswa Afirmasi untuk teman-teman yang tinggal di daerah perbatasan (download panduan disini). Setelah itu kalian tinggal memilih magister dalam negeri atau luar negeri. Ohya, untuk jaga-jaga sering berkunjung ke website LPDP saja, incase buku panduannya di-update.

Setelah memilih beasiswa kalian harus memilih universitas dan jurusan yang dituju. Universitas dan jurusan ini harus fix dan harus ada alasannya kenapa memilih universitas dan tujuan tersebut karena nanti akan ditanyakan ketika wawancara dan ada essay tentang study plan.

Kemudian, beberapa isian yang harus diisi adalah:

  1. Riwayat pendidikan
  2. Riwayat pekerjaan (kalau ada)
  3. Pengalaman organisasi
  4. Prestasi
  5. Bahasa (sertifikat-sertifikat bahasa yang dimiliki, TOEFL misalnya)
  6. Pengalaman pelatihan atau worshop (sebagai peserta atau panitia atau pengisi materi)
  7. Pengalaman riset
  8. Karya ilmiah
  9. Konferensi dan seminar (sebagai peserta atau panitia atau pengisi materi)
  10. Penghargaan

File yang harus di scan dan diupload dalam bentuk pdf adalah:

  1. Ijazah S1
  2. Transkrip Nilai S1
  3. Essay Study Plan, Kontribusiku untuk Indonesia, dan Sukses Terbesar
  4. Sertifikat Bahasa Asing yang diakui LPDP dan masih berlaku, bagi yang sudah tidak berlaku/kadaluarsa tidak diperbolehkan mengunggah/upload, misalnyaTOEFL atau IELTS. Contoh file ada di pedoman beasiswa LPDP.
  5. Surat Pernyataan Tidak sedang dan tidak akan menerima bantuan beasiswa Magister dari sumber lain baik dalam negeri maupun luar negeri; Berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan tindak pidana; Sanggup mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara setelah menyelesaikan studi; Sanggup menyelesaikan studi Magister sesuai dengan waktu yang tentukan (Bermaterai.Ā Contoh file ada di pedoman beasiswa LPDP
  6. Surat Ijin Belajar sesuai format LPDP (bagi yang sedang bekerja.Ā Contoh file ada di pedoman beasiswa LPDP
  7. Surat Rekomendasi sesuai format LPD.Ā Contoh file ada di pedoman beasiswa LPDP
  8. LOA Conditional / Unconditional yang masih berlaku, bagi yang memiliki LoA diluar Perguruan Tinggi daftar LPDP tidak diperbolehkan mengunggah/uploa.Ā Contoh file ada di pedoman beasiswa LPDP
  9. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  10. Surat Keterangan Berbadan Sehat dan Bebas Narkoba dan ditambahkan Surat Keterangan Sehat Bebas dari Tuberculosis (TBC) bagi yang ingin studi ke luar negeri. Semua Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah

 

Essay.

essay-study-plan

based on buku panduan

Jika mendaftar beasiswa luar negeri, maka essay ditulis dalam bahasa inggris, sedangkan jika mendaftar ke dalam negeri maka ditulis dalam Bahasa Indonesia. Essay study plan berisi mata kuliah apa saja yang kamu pilih, apa alasannya, kenapa memilih universitas tersebut, dan kira-kira nanti akan menulis thesis tentang apa. Ini contoh yang aku buat:

2016-10-06-1tes2

Essay sukses terbesar. Ini adalah essay yang menurutku paling sulit šŸ˜€ karena indikator kesuksesan setiap orang itu berbeda dan abstrak. Jadi, inilah yang aku tulis:

essay-sukses

based on buku panduan

(*ps: malu banget sebenernya nunjukin ini, cause its kinda privacy XD, but it is for you lah guys)

tes-6tes-7

 

Essay ketiga adalah, Kontribusiku untuk Indonesia, yang berisi tentang: setelah lulus kamu mau ngasih apa buat Indonesia?

essay-kontribusi

based on buku panduan

tes3

tes4

tes-5

That’s it! Any question?

Ohya untuk LOA, sampai detik ini aku belum dapat LOA, haha >< Karena tanggal 8 besok harus test IELTS dulu sebagai persyaratan LOA-nya. Doakaaaaaaan {}

Ohya, syarat IELTS di setiap jurusan dan universitas berbeda, jadi silahkan cek requirement di universitas tujuan kalian masing-masing.

Good luck! (and good luck for me too :D)

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Seleksi Administrasi LPDP

  1. Pingback: My Journey to Get LPDP Scholarship – Gadis Pratiwi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s