New Fams!

460.jpg

new family πŸ™‚ (from left to right: bu yuli, her husband, her employee,Β 
Thea, her employee also, me, her employee, Bu Yuli’s daughter,Β 
and the one who sit on the wheelchair is Mbak Yuni)

Biasanya aku menjadi interpreter Bahasa Isyarat teman-teman tuli, tetapi beberapa minggu lalu akhirnya aku mendapat kesempatan menjadi interpreter Bahasa Inggris. Tawaran itu datang dari Bu L, dosen sastraku dulu. Awalnya aku ragu dengan kemampuanku, karena aku merasa tidak terlalu fasih berbahasa inggris dan menurutku masih banyak teman yang lebih fasih dari aku. Tapi sampai kapan aku seperti ini. Jadi, aku memutuskan untuk keluar dari zona nyamanku dan menerima tawaran tersebut.


Aku menjadi interpreter di sebuah CV kecil milik Bu Yuli yang bernama Anggrek KCB. Beliau adalah seorang penjahit tetapi untuk usaha bisnis ini beliau lebih fokus ke jilbab. Bu Yuli adalah seorang tuna daksa dan kebanyakan pekerjanya tuna daksa juga. Beliau kedatangan seorang tamu dari Belanda yang berasal dari organissai PUM Netherlands. PUM adalah organisasi non-profit yang membantu orang-orang di negara berkembang untuk mengmbangkan bisnis. Jadi, mereka menawarkan Ilmu, instead of money. Orang Belanda tersebut, yang berasal dari organisasi PUM, bernama Thea.

Aku kerja dari hari selasa, kamis, dan jumat. Aku membantu menerjemahkan perbincangan antara mereka. Kadang dari Bahasa Jawa ke Inggris, atau sebaliknya, atau dari Bahasa Indonesia ke Inggris. Kadang lucu kalau harus menginterpreter dari Jawa ke Inggris, terutama ketika mereka pakai Bahasa Krama. Karena Bahasa Inggris tidak ada level kesopananΒ  bahasa seperti Bahasa Jawa, it just feel weird XD

Thea mengajarkan cara menjahit yang benar, cara mengembangkan bisnis, tata letak mesinnya harus seperti apa. I just amazing. Inipun pertama kalinya dia menjahit jilbab, jadi dia juga otomatis belajar dari Bu Yuli.

P_20160524_111034.jpg

P_20160527_110103.jpg

Selain jilbab, mereka juga membuat tas. Tas yang ini untuk anak TK.

Anyway I’m amazed with Thea’s personality. Jelas dia berbeda dengan orang Indonesia dan menurutku perbedaan yang paling menonjol adalah dia pekerja keras, workaholic, dan sangat tidak suka menganggur. Foto yang diambil diatas adalah foto hari Jumat. Saat itu tidak terlalu banyak yang bisa dia lakukan, sampai dia bilang, “I don’t like doing anything, it’s not healthy.” jadi dia sampai bantu-bantu bapak tersebut. Bantu gunting-gunting dan memasang tali tas. Pokoknya dia tida suka nganggur, kalau nganggur wajahnya keliatan bete.

Thea sudah seumur utiku, namun dari segi kesehatan, Thea jauh lebih sehat. Hal tersebut karena gaya hidupnya. Dia sangat suka sayur dan buah. Bahkan, katanya dia suka makan mentahan, seperti wortel mentah atau sayur sla. Wajar sih, disana sayurnya sudah organik semua, lah di Indonesia :’) Yang organik aja seiket RP 50.000,- Itu udah dapet bakso sampe tumpeh-tumpeh. Thea pagi-pagi juga rajin olahraga. Olahraganya pun ga main-main. Dia lari pagi selama 30 menit. Kece ! Jadi wajar dengan pola hidup seperti itu, walaupun dia sudah nenek-nenek, dia masih bisa kerja kesana-kesini, sering keluar negeri, ke Afrika, India, dan segala macam.

Dia sudah punya 4 cucu. Salah satu cucunya sudah bisa menjahit padahal masih 10 tahun. Namun dia tidak membatasi cucunya untuk melakukan sesuatu. Kalau anak Indonesia umur 10 tahun biasanya ngapain ya? main gadget -_-

Nah kemudian ketika hari Jumat itu, si Thea perpisahan. Aku dikasih waffle stro. Enak banget, rasanya manis. Tapi ternyata satu kue kalorinya 400an. wajar kalau orang Belanda orangnya bongsor-bongsor. Dia juga kasih aku gantungan kunci sepatu khas sepatu Belanda yang sekarang dipakai K jadi gantungan kunci motornya. Pulangnya, aku dianter ke kampus sama Thea dan sopirnya yang sekarang jadi temenku juga.

Di akhir kata, Thea bilang, “Nice to meet you. You are a good translator.”

 

Advertisements

One thought on “New Fams!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s