Alur Skripsweet

Lately, bunch of people ask me about result seminar, thesis examination and graduation things. Actually I’m cool with it, but just imagine if you meet different people each day and they keep asking the same question (haha!) Thus, I will write a post about it, so whenever and whoever ask about those, I will give them a link :p

Pertama, kalau bisa teman-teman buat timeline. Jadi tahu kapan harus sempro, penelitian atau observasi, semhas, lalu kompre atau ujian skripsi, jadi bisa lulus ontime. Kalau bisa jangan kelamaan sempro, karena nanti agak rugi waktu penelitiannya. Belum lagi semhas-nya kapan. Karena mengerjakan bab 4 itu lebih njelimet dari bab sebelumnya (itu pengalaman aku sih). Kemudian, kalaupun sudah sempro jangan leyeh-leyeh dulu, karena masih harus ‘meneliti’ dan bab 4 sangat krusial.

Ketika sempro, kalian harus presentasi bab 1-3, sedangkan ketika semhas dan kompre presentasi dari bab 1 – akhir (kecual ada permintaan dari dosen untuk presentasi dari bab pembahasan sampai akhir. Ketika sempro, hanya dihadiri oleh dosen pembimbing. Ketika semhas, dihadiri oleh dosen pembimbing dan penguji. Kalian boleh memilih dosen penguji, kok. Ketika kompre, sama seperti semhas, dihadiri oleh dosen pembimbing dan penguji, tetapi bedanya kalau kompre dosen pembimbingmu jadi dosen penguji dan tidak ada audience.

Untuk sempro-semhas-kompre ada formulir yang harus didwonload di fib.ub.ac.id, tapi kalau males donwload ini linknya: (ini yang terbaru di tahunku, kalau di tahun kalian beda, cari sendiri di fib.ub.ac.id yaw

FORMULIR SEMPRO

FORMULIR SEMHAS

FORMULIR KOMPRE

Kemudian, ketika semhas, teman-teman tidak perlu membayar apa-apa. Yang perlu membayar itu ketika kompre. Waktu tahunku, ujian skripsi harus membayar 250k (kalau tahun kalian naik lagi ya ngga tau :p) Temen-temen cuman harus ke bank BNI, bilang bayar ujian skripsi, nanti pak satpamnya udah ngerti kok. Nah setelah itu bawa bukti pembayaran dan formulir kompre ke akademik.

Anyway, waktu akademik nanti dosen penguji bakal tanya dari judul sampai bab 5 sedetail mungkin, bahkan dosen yang awalnya dosen pembimbing. Tapi ngga usah takut kok, kalau kalian ngerjain sendiri pasti bisa ^^

This too shall pass.

Setelah kompre, maka kalian harus mengurus yudisium. Lihat dan cermati baik-baik kapan batas akhir semhas-kompre-dan yudisium, karena kalau terlambat satu hariiii saja, otomatis kalian masuk hitungan ke semester berikutnya. Yudisium FIB UB kalian cuma harus cari TTD sebanyak 6 kalau tidak salah. Formulir yudisium sudah bisa diambil dari sejarang di depan akademik warnanya kuning. Seingatku untuk yudisium kalian harus:
1. FC skripsi sebanyak 4 kali (1 kamu bawa, 2 SAC, 1 perpus pusat)
2. Ngga punya tanggungan buku pinjaman di SAC, ngasih buku ke SAC sebanyak 2 buah berdasarkan tema/judul yang diminta SAC. Saran: ojo beli bajakan di wil**, pasti disuruh mbalik terus beli lagi 😐
3. Apalagi ya? I forgot the rest. Yang jelas nanti kalau menyerahkan skripsi ke perpus pusat jangan lupa bawa 50K untuk ‘sumbangan alumni’.

Yudisium fix. Next, wisudaaaaaa. Kalau di FIB, teman-teman harus bayar 500K untuk toga dan KTA (Kartu tanda alumni). Syarat wisuda:
1. Mbayar ke bank
2. Upload ke SIAM. Yang perlu di upload:
– Sudah tes TOEIC/TOEFL, upload sertifikatnya
– Sudah tes IC3/Sertifikat IT
– Upload pdf skripsi bab 1-5 terpisah
– Foto untuk ijazah (cek format di akademik), nanti di upload di SIAM juga
– scan ijazah SMA
– I forgot the rest XD tapi kayaknya yang penting-penting ini aja.

Anyway, wisuda gampang guys, yang penting kalian ngejar yudisiumnya dulu. Terus untuk tes TOEFL usahakan jangan main-main atau asal tes aja, karena pertama kalian akan dapat sertifikat kalau nilai >450, kedua sertifikat TOEFL nanti berguna kalau kalian ingin daftar kerja atau beasiswa. Sekarang beasiswa ke dalam negeri butuh TOEFL 500, sedangkan kalau ke luar negeri 550. Lumayan kan, ngga perlu bayar lagi untuk TOEFL.

That’s it. Semangat gengs! :))

Advertisements

2 thoughts on “Alur Skripsweet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s